penting konten untuk website

4 Alasan Pentingnya Konten Untuk Website Anda

Seberapa penting konten untuk sebuah website? Konten yang dimaksud adalah artikel dan sejenisnya yang informatif. Apakah setelah pembuatan website harus susah-susah lagi memikirkan isi dari website itu sendiri?


Mungkin setiap orang yang membuat website akan puas dengan informasi dasar seperti informasi perusahaan dan informasi produk. Tetapi seberapa penting sih artikel itu?


Jawaban singkatnya adalah sangat penting. Bisa dibilang, konten atau artikel itu berada di jajaran atas hal-hal yang harus dilakukan setelah pembuatan website


Mari disimak kalimat berikut ini:

  "Website itu penting untuk perkembangan bisnis."

Mendengar itu orang-orang ikutan membangun website untuk bisnis mereka. Biasanya juga memakan biaya sekian juta untuk pembuatan sebuah website yang “wajar”. 


Setelah pembuatan website sudah selesai, tombol-tombol berfungsi dengan baik, website terlihat indah, seharusnya sudah selesai dan bisa ditinggal bukan? 


Bisa dipikir kembali.

Apakah hanya membuat website saja sudah cukup? Memang benar, untuk membuktikan ke dunia bahwa bisnis kita itu “ada”, jalan terbaik tetap membangun website untuk bisnis sendiri.

Bagaimana dengan media sosial seperti Facebook atau Twitter? Mungkin beberapa bisnis merasa cukup hanya dengan menggunakan media sosial saja, tetapi tentu saja media sosial yang disebutkan diatas tidak tanpa limitasi. Yang paling buruk adalah page di media sosial membatasi cara kita untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. 

Sedangkan dengan website, anda dapat 100% mengatur bagaimana pengunjung melalui proses pembelian yang sesuai keinginan anda. 

Sejak beberapa waktu saya sering menjumpai bisnis yang tidak mempunyai website. Saat ditanya apa yang dilakukan untuk memasarkan bisnis mereka, jawabannya entah menggunakan media sosial.

Atau yang paling mending, beriklan di koran dan search engine seperti Google. Sisanya hanya menunggu pengunjung datang dengan sendirinya. 

Jadi, berapa banyak bisnis yang mempunyai website? Anda bisa menebak jawabannya, sedikit sekali dibanding jumlah bisnis yang ada. Bagaimana dengan website yang mempunyai konten? Lebih sedikit lagi. 

Menurut Hubspot, 47% dari pembeli membaca 3-5 buah konten sebelum secara langsung berinteraksi dengan sebuah perusahaan.

Apa artinya ini? Artinya konten adalah kunci untuk strategi Digital Marketing. Pembeli tidak ingin salah dalam membeli suatu produk. Mereka akan mencari tahu informasi tentang produk atau bisnis sampai yakin.

Dengan mempunyai tujuan yang jelas dalam semua bagian dari pembuatan konten, bisnis anda akan berada di posisi yang lebih kuat dibanding kompetitor anda dalam mengajak customer untuk ambil bagian dan mengubah pengunjung menjadi customer.

Untuk itu di kesempatan kali ini saya akan membicarakan tentang pentingnya mengisi website dengan konten-konten relevan.

Konten di sebuah website sangat penting. Bisa dibilang konten adalah hal ke-2 terpenting dalam membangun sebuah website. Konten yang baik membedakan bisnis anda dari kompetitor dan dapat menyampaikan pesan yang tepat kepada para customer anda yang akan berakhir dengan mereka lebih mudah membeli dari bisnis anda. Hal-hal lain di website anda seperti video, design, visual, dan lain-lain hanyalah pelengkap saja. 

Terdapat empat alasan kenapa konten untuk bisnis anda sangat penting dan harus dibuat secepatnya

  • Meningkatkan Kredibilitas dan Trust sebuah Brand
  • Meningkatkan Coverage SEO
  • 24/7 Informasi lengkap tentang sebuah bisnis
  • Meningkatkan pendapatan

Meningkatkan Kredibilitas dan Trust atas sebuah Brand

Saat seseorang menyewa jasa sebuah perusahaan untuk melakukan sesuatu, mereka biasanya akan mencari tahu dulu seberapa mampu perusahaan tersebut dalam melakukan jasa yang diinginkan. 

Untuk jasa yang digunakan banyak orang seperti cuci ac dan jasa bersih-bersih lainnya, mungkin orang akan mencari tahu informasi dengan bertanya ke teman yang sudah pernah memakai jasanya dan langsung memesannya. Tapi bagaimana untuk jasa-jasa yang tidak banyak orang mencarinya? Tentu mereka akan mencarinya dulu menggunakan mesin pencari seperti Google bukan?

Setelah anda masuk ke website sebuah perusahaan, apa yang akan dilihat pertama kali? Jawabannya adalah design website tersebut. Design seperti logo, penempatan tulisan-tulisan dan warna yang menarik. Setelah itu? Konten. Mungkin untuk sekilas melihat saja, design akan membuat perusahaan itu akan terlihat nyata, tetapi hanya itu saja.

Dengan konten-konten seperti artikel dan informasi bisnis lainnya, pengunjung dapat menangkap dan mengolah informasi penting yang krusial dalam proses pembelian. 

Artikel yang dibuat dengan baik memberikan sebuah impresi kepada customer bahwa perusahaan anda adalah pemimpin di bidangnya. Dengan membuat topik-topik yang berhubungan dengan pasar dan menunjukkan pengetahuan anda, anda secara tidak langsung mempromosikan kemampuan perusahaan anda dalam melakukan suatu jasa. 

Jika bisnis anda adalah retail, sebagai contoh, buatlah sebuah artikel mengenai produk yang dijual. Customer anda akan lebih mengenal anda sebagai sumber yang terpercaya dibanding retail lain yang menjual produk yang sama.

Dan jika bisnis anda bergerak di bidang B2B, artikel yang telah di riset dan dibuat semenarik mungkin akan menjadi referensi bagi banyak orang di industri anda. 

Semakin banyak anda menunjukkan bahwa perusahaan anda mengerti tentang apa yang dikerjakan, semakin mudah juga bagi customer untuk mempercayai anda dalam memberikan apa yang mereka inginkan. Selain itu dengan konten-konten yang tepat, customer akan lebih dapat membuat keputusan yang berdasarkan pengetahuan yang tepat.

Meningkatkan Coverage SEO

Konten juga erat kaitannya dengan strategi SEO suatu website. Dengan mempunyai berbagai macam konten yang meliput berbagai macam topik. Keyword yang ditarget untuk setiap halaman juga berbeda. Optimisasi SEO membuat artikel anda berada di halaman depan untuk search query/keyword yang diinginkan.

Selain itu, internal linking (link antar konten/artikel di website yang sama) akan memperkuat rank sebuah konten dan website secara keseluruhan. Konten yang banyak di suatu website akan mempermudah juga untuk melakukan internal linking yang terencana.

Dengan demikian semakin tersambungnya setiap halaman di sebuah website, semakin bagus juga nilai website tersebut di mata google.

Customer Relationship Yang Lebih Baik

Customer anda tidak perlu susah-susah mencari tahu informasi tentang bisnis anda dengan menelepon atau mencari dan mendatangi lokasi anda.

Cukup dengan mengunjungi website anda, mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka akan informasi tersebut. Customer senang untuk menjadi seseorang yang mempunyai pengetahuan lebih akan suatu hal, dan mereka akan menghargai anda yang telah menyediakan informasi untuk membantu mereka mencapai hal itu.

Di website anda pula anda dapat berinteraksi dengan customer yang datang ke website tersebut. Jika mereka mempunyai pertanyaan tentang produk yang anda ulas, anda dapat menjawabnya secara langsung di website anda. Tidak seperti media sosial, kita bisa mengatur bagaimana cara menyajikan informasi sesuai keinginan. 

Jaman sekarang adalah jaman informasi dimana semua informasi bisa didapatkan secara online. Apa yang akan dilakukan customer setelah mereka tidak mendapatkan informasi yang cukup di suatu website? Kemungkinan besar mereka akan berpindah ke website lain yang mempunyai informasi yang lebih lengkap dan mudah didapat.

Meningkatkan Penjualan


Hasil akhir dari pembuatan konten tentu adalah meningkatkan penjualan secara langsung maupun tidak langsung. Konten yang dibuat dapat digunakan untuk membimbing customer anda dari setiap tahap proses pembelian, yang dapat di kategorikan sebagai berikut:

  • 1
    The Awareness Stage: saat pembeli mengidentifikasi sebuah masalah yang cepat atau lambat ingin diselesaikan.
  • 2
    The Consideration Stage: saat pembeli melakukan sebuah pencarian cara untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi
  • 3
    The Decision Stage: saat pembeli menentukan solusi apa yang paling tepat untuk masalah mereka

Website anda akan berfungsi juga sebagai media pemasaran digital yang efektif menangkap lebih banyak pembeli dan bukan hanya sebagai pajangan saja. 

Bonus: Teknologi Machine Learning Yang Mulai Digunakan (paling penting)

Maksud dari machine learning adalah penggunaan robot untuk mengolah data yang dilakukan secara otomatis. Memang, sejak beberapa waktu lalu robot sudah mengolah data secara otomatis.

Tetapi dengan machine learning, robot tersebut diprogram untuk belajar sendiri, artinya mereka akan secara otomatis menghubungkan data yang luar biasa banyaknya. Google di 2018 sudah menggunakan sebuah algoritma yang bernama Rank Brain. 

Tren SEO 2019 oleh SEJ juga menunjukkan bahwa SEO akan mengarah kepada konten yang kuat, yang berisi semua jawaban atas pertanyaan pencari dan lengkap. Tetapi tidak hanya itu, penulis konten juga harus memikirkan agar experience yang dialami oleh pembaca tidaklah membosankan. 

Cara menyajikan informasi yang telah dikumpulkan menjadi suatu artikel yang menarik yang membuat pembacanya dapat dengan mudah membaca dari awal hingga akhir dan membuat mereka mem bookmark halaman tersebut untuk dibaca beberapa kali. Itulah konten yang akan anda buat. 

Selain itu, setiap website diperlukan juga untuk membuat Schema. Cara membuat schema yang baik tidak memerlukan waktu yang lama sehingga lebih baik dibuat lebih cepat.

Semakin kedepan, mungkin backlink sebagai sebuah faktor SEO yang kuat akan menjadi tidak begitu kuat lagi dan website yang mempunyai konten yang lengkap lah yang akan mendapatkan perlakuan khusus di Google. 

Akhir Kata

Jaman dahulu pembuatan website dikatakan penting untuk sebuah bisnis. Tetapi jaman telah berubah. Konten juga tidak boleh dilupakan. Setiap bisnis harus memikirkan cara-cara agar tetap dapat keluar sebagai pemenang di persaingan yang semakin ketat.

Strategi pembuatan konten yang tepat tidak hanya mempertimbangkan dari aspek SEO saja. Tetapi lebih ke bagaimana informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan para customer itu sendiri.

Google juga mengatakan untuk lebih mementingkan konten yang berguna untuk pembaca dan dapat diaplikasikan dalam hidup mereka. Jika sebuah konten berguna, pembaca akan bertambah dengan sendirinya. Dan penjualan juga akan meningkat sebagai hasilnya.

Website dan kontennya adalah bagian yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis ditengah persaingan global ini. Strategi pembuatan konten akan berefek kepada meningkatnya brand awareness bisnis anda, kredibilitas sebagai pemimpin industri, mendekatkan brand anda dengan customer anda, dan yang terakhir, meningkatkan penjualan anda secara keseluruhan.

Perusahaan yang tidak mempunyai waktu untuk membuat konten biasanya akan menggunakan jasa pembuatan konten untuk melakukannya. Itu juga dilakukan karena beberapa bisnis tidak membutuhkan konten yang banyak namun cukup untuk mengisi website mereka.

Konten adalah hal yang paling penting yang harus dikerjakan setelah pembuatan website. Apakah anda sekarang akan memikirkan Apakah anda tidak setuju dengan artikel ini atau ada yang ingin ditambahkan? Berikan pendapat anda dengan berkomentar dibawah.

Leave a Reply 0 comments