Apa itu SEO

Apa itu SEO? Guide Untuk Pemula (2019)

Bagi mereka para pemilik toko online ataupun blog setiap kali menjelajahi dunia internet selalu mendengar kata SEO. Apa itu SEO? Bagaimana cara melakukan SEO yang benar? Adakah hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam melakukannya?

SEO bukanlah sebuah kata melainkan sebuah singkatan yang kepanjangannya adalah “Search Engine Optimization”. SEO berarti sebuah proses untuk mendapatkan pengunjung ke website anda dari hasil pencarian di mesin pencari seperti Google, Yahoo, DuckDuckGo, dan sejenisnya.

Penyedia mesin pencari yang terbesar adalah Google, Bing, dan Yahoo. Kemungkinan besar jika anda bukan salah satu dari 19% pencari yang menggunakan Bing atau Yahoo, anda adalah pengguna Google. Karena popularitas Google yang jauh mengalahkan pesaing mereka, sehingga SEO biasanya difokuskan menggunakan standar Google.

SEM dan SEO

Sebelum mulai membahas tentang apa itu SEO, banyak orang juga sering mendengar tentang satu lagi bahasa lain yaitu SEM. Nah, apa itu SEM? SEM adalah kedependekan dari Search Engine Marketing. Perbedaan dari SEM dan SEO adalah SEO terfokus pada peningkatan trafik website situs melalui optimisasi untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian, sedangkan SEM terfokus pada peningkatan trafik melalui beriklan kepada search engine, seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Nah, perbedaannya cukup jelas bukan? Sekian penjelasan singkat tentang SEM karena di artikel ini hanya akan membahas SEO saja. Silahkan simak lebih lanjut.

Apa Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis?

Penting sekali. Setiap bisnis membutuhkan pelanggan. Dan untuk mendapatkan pelanggan biasanya banyak bisnis akan membangun sebuah toko fisik sebagai tempat untuk menjual dagangannya.

Untuk mempromosikan dagangan atau tokonya, mereka akan melakukan berbagai macam hal seperti: beriklan di media, memasang banner yang mencolok, menyebarkan brosur, mempromosikan secara mulut ke mulut, dan lainnya. Dengan demikian toko mereka akan mulai didatangi banyak pengunjung dan bisa menjual barang-barangnya.

Begitu juga dengan SEO. Jika diibaratkan, website adalah toko mereka, dan SEO adalah salah satu cara untuk mempromosikan toko tersebut. Website yang mendapat peringkat satu di hasil pencarian adalah website yang berguna untuk pencarinya.

Pencari yang melihat sebuah website berguna akan lebih percaya dengan brand yang terasosiasi dengan website tersebut. 

Sebagai contoh, perusahaan A bergerak dibidang jasa cuci ac. Perusahaan A telah membuat website yang mempunyai banyak artikel dan telah melakukan SEO dengan benar. Saat pelanggan (sebut B) mencari menggunakan "cara cuci ac yang benar", kebetulan website perusahaan A terdapat di paling atas hasil pencarian. Melihat artikel tersebut si B berpikir bahwa artikel yang dibuat cukup jelas dan mendetail.

Setelah itu biasanya ada 2 hasil: yang pertama adalah si B akan menjalankan sesuai dengan isi artikel, atau yang kedua adalah dia akan menghubungi perusahaan A untuk melakukan pekerjaannya karena selain artikel itu cukup memberikan kemampuan A, desain website yang bagus juga membuat perusahaan A terkesan terpercaya. Otomatis penjualan akan lebih mudah didapat.

Semakin tinggi peringkat anda, maka semakin banyak juga pengunjung yang akan anda dapatkan. Setiap orang tentu ingin website mereka mempunyai jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. Karena itu, SEO wajib dilakukan. 

SEO haruslah dilakukan sedini mungkin karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai SEO website anda. Jika anda melakukannya setelah website anda mempunyai banyak halaman, pengerjaan SEO dapat membuat anda kerepotan dengan jumlah perbaikan yang harus dilakukan.

SEO membuat website anda mempunyai pengunjung karena setiap orang kemungkinan besar akan menemukan website anda dengan menggunakan mesin pencari. Mereka tidak akan mencari suatu kata kunci melalui media sosial seperti FB, Twitter, dan lainnya.

Google Searches Per Year

Hasil dari InternetLiveStats diatas menunjukkan bahwa jumlah pencarian dengan Google meningkat setiap tahun dari seluruh dunia. Survei pada tahun 2017 tentang pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 143 juta orang juga menguatkan hal ini.

Ditambah Google mengungkapkan fakta bahwa setiap tahunnya jumlah pencarian semakin bertambah dan akan terus bertambah tahun-tahun kedepan. 

Bisa dibilang bahwa jika anda melakukan SEO untuk website anda mulai dari sekarang akan semakin menguntungkan.

Jadi apa manfaat dan keuntungan SEO bagi sebuah bisnis? Jawabannya adalah meningkatkan jumlah pelanggan dan nilai brand perusahaan sebagai marketing channel online.

Cara Kerja SEO

Anda pasti pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerja sebuah mesin pencari untuk menempatkan website di SERP. SERP (Search Engine Result Page) adalah sebuah list hasil pencarian yang disajikan oleh search engine setelah anda menginput keyword untuk di proses.

Saat seseorang melakukan pencarian sebuah keyword di search engine seperti Google, hasil yang diberikan oleh search engine tersebut adalah website yang relevan untuk keyword pencarian atau website yang mempunyai otoritas yang kuat.

Search engine seperti Google mempunyai sebuah robot atau crawler yang bertugas untuk mencari informasi di setiap website. Crawler akan menelusuri sebagian besar website yang terhubung satu sama lain.

Semakin terhubung semakin mudah juga untuk crawler Google menelusurinya. Informasi yang didapat tersebut akan di indeks dan disimpan di server untuk selanjutnya diproses.

Google selanjutnya menggunakan sebuah algoritma yang canggih dan memberi nilai untuk setiap website dan setiap kata kunci pencarian untuk mencari tahu website yang seperti apa yang kemungkinan besar akan memberikan jawaban atas pencarian. 

Website yang mentarget keyword yang sama akan diberi posisi sesuai dengan nilai yang diberikan. Jadi jika ingin meningkatkan rank anda di Google, anda harus menambah nilai website anda dengan melakukan beberapa perubahan di dalam website dan juga membuat anda lebih terhubung dengan cara membangun link dari website lain.

Hal baiknya adalah untuk memberikan nilai atas sebuah website terdapat lebih dari seratus faktor yang mempunyai bobot masing-masing. Karena hal itu, anda dapat mengalahkan pesaing anda dengan strategi SEO yang tepat.

Berdasarkan paten-paten yang telah diajukan Google, dapat diketahui bahwa Google memberikan nilai ke website dan secara otomatis menempatkan posisinya dengan melihat beberapa hal sebagai berikut:

  1. Relevance (relevansi)
  2. Authority (Otoritas)
  3. Content (Konten)

​​​Relevance (Relevansi)


Saat anda mencari dengan kata kunci “keyboard gaming”, maka anda akan diberikan berbagai macam hasil yang berhubungan dengan gaming keyboard dan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Anda tidak akan melihat hasil seperti keyboard piano.

Maka dari itu akan lebih baik jika membuat suatu website yang tidak membahas tentang semua hal tetapi hanya membahas beberapa tema yang berhubungan satu sama lain. Dengan demikian anda akan lebih cepat untuk menempati halaman depan.

Authority (Otoritas)

Otoritas? Seperti apa? Seperti yang telah diberitahu di atas, Google dengan “crawlernya” menjelajahi website yang berotoritas tinggi. Tapi bagaimana cara sebuah website dapat mempunyai otoritas yang tinggi? Caranya adalah dengan mempunyai backlink yang kuat secara kualitas maupun kuantitas.

Backlink adalah link dari website lain yang menunjuk ke suatu website. Jika anda sedang mengunjungi suatu website, seringkali website tersebut akan mempunyai artikel yang beberapa kata nya bisa di klik dan membuka sebuah halaman baru di website lain.

Hal itu biasanya dilakukan untuk memberi tahu pengunjung tentang referensi darimana suatu fakta didapat. Contohnya adalah diatas terlihat kata backlink berwarna merah dan bisa di klik.

Dengan backlink yang tepat, otoritas anda bisa lebih tinggi dan website anda akan semakin kuat. 

Content (Konten)

Konten juga tentu saja termasuk ke dalam 1 dari faktor terpenting yang menentukan nilai sebuah website di mata mesin pencari. Jika sebuah konten mempunyai isi yang berguna, maka akan banyak orang yang datang ke konten tersebut.

Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan manusia senang untuk menyebarkan segala sesuatu yang mereka anggap sedikit banyak berguna untuk diri mereka sendiri. Jika sebuah website mempunyai konten yang lengkap dan informatif, para pengunjung yang datang juga akan menyebar konten itu di media sosial pilihan mereka. 

Hal inilah yang menyebabkan mengapa pencarian sebuah kata kunci di mesin pencari akan memberikan sebuah hasil yang rata-rata berkualitas tinggi. Semakin bagus suatu artikel, maka semakin banyak pula pengunjung yang akan membaca konten tersebut. Kunjungi artikel kami yang menjelaskan pentingnya sebuah konten untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Membuat SEO / Melakukan SEO

Sekarang mari kita masuk ke cara-cara untuk melakukan SEO. Secara garis besarnya terdapat dua cara untuk melakukan SEO. On-Page dan Off-Page.

Apa itu SEO On Page? SEO On-Page adalah semua yang berhubungan didalam sebuah website. Bagaimana cara anda menstruktur website anda, cara anda membuat artikel, apakah anda selalu konsisten dalam mengupdate website anda seperti menambah artikel setiap minggu atau dua minggu sekali? Dengan kata lain semua yang bisa diatur di dalam website anda.

Apa itu SEO Off Page? SEO Off-Page adalah teknik-teknik yang digunakan untuk meningkatkan posisi website di SERP diluar dari website itu sendiri. Seperti backlink dari website lain. Berapa banyak website yang memberikan backlink ke website anda? Seberapa tinggi otoritas yang mereka punya?

Sebagai contoh, jika website anda mempunyai backlink yang berasal dari website yang mempunyai otoritas tinggi seperti Forbes, HuffingtonPost, dan Entrepreneur. Selain hal itu akan membuat website anda terlihat lebih berkualitas di mata manusia, crawler mesin pencari juga akan memberikan nilai yang tinggi untuk website anda.

Nilai tinggi itu didapat dari kualitas backlink yang sangat tinggi karena website-website diatas adalah sebuah website yang sudah lama berjalan, dikenal oleh banyak orang, dan tidak sembarang artikel dapat dipublikasikan oleh website tersebut.

Anda harus melalui sebuah prosedur dan memenuhi semua standar yang mereka miliki untuk dapat di pertimbangkan untuk di publikasikan. 

On-Page SEO

Terdapat banyak sekali cara-cara untuk melakukan On-Page SEO. Untuk saat ini akan dilakukan cara melakukan on page seo. Dibawah ini adalah beberapa faktor-faktor yang penting dalam membangun website:

Site/Page Speed

Site speed adalah kecepatan website anda dalam menyajikan halaman website anda dimulai dari anda menekan tombol enter hingga halaman itu terbuka sepenuhnya. 

Google membuat kecepatan sebuah website menjadi faktor karena mereka tahu website yang lambat akan membuat pengunjung pergi sebelum website tersebut terbuka. 

Jika anda ingin melihat seberapa cepat loading suatu website, anda dapat melihatnya melalui Pingdom, GTMatrix, dan Google PageSpeed Insights.

Page Speed Inforgraphic

Grafik diatas dibuat oleh Section.io menunjukkan bahwa perbedaan kecepatan loading website hanya 5 detik saja dapat membuat lebih dari 20% pengunjung tidak jadi membukanya. Pengunjung juga akan menjelajahi lebih banyak halaman di website yang sama jika website tersebut lebih cepat.

Mobile Friendliness Speed

Dengan pertumbuhan jumlah pengguna mesin pencari melalui smartphone setiap tahunnya, penting untuk membuat sebuah website yang juga nyaman dipakai oleh pengunjung yang menggunakan smartphone pula. Meskipun pengguna smartphone biasanya hanya . Untuk mengecek hal tersebut, gunakan Mobile-Friendly Test atau Think With Google.

Keyword Research (Riset Kata Kunci)

Riset kata kunci juga diperlukan untuk mendapatkan peringkat tinggi di google. Google bukanlah manusia yang bisa mengetahui apa isi dari sebuah konten, ia membutuhkan kata kunci yang diselipkan di suatu konten untuk mengidentifikasikan konten tersebut kedalam suatu kategori. 

Kata kunci diperlukan karena dengan itu mesin pencari dapat menghubungkan suatu konten dengan hal yang dicari. Pencarian dengan kata kunci “sepeda baru” tentu saja akan memberikan hasil yang terdapat kata “sepeda” dan “baru” di dalamnya. 

Riset tentang kata kunci juga diperlukan karena setiap kata kunci mempunyai jumlah pencarian sendiri-sendiri. Jadi jika ingin membuat artikel yang mempunyai potensi untuk mendapatkan banyak pengunjung ya salah satunya harus cari tahu dulu apakah kata kunci yang ditarget mendapat banyak pencarian tiap bulannya atau tidak. 

Optimisasi Struktur Website

Mengoptimisasikan website harus melihat beberapa hal, pertama adalah meta data. Meta data meliputi nama website, title, dan snippet (deskripsi singkat). Selanjutnya adalah kata kunci di domain.

Sebagai contoh, jika anda akan membuat blog tentang desain interior, nama domain seperti DesainInteriorKu.com lebih mudah mendapat rank. 

Akan lebih mudah untuk mendapat rank yang tinggi jika terdapat kata kunci di domain anda. Semua yang anda masukkan di meta title dan meta description anda akan menghasilkan seperti yang terlihat di bawah ini. 

Snippet Apa Itu SEO

Setiap hasil di halaman dinamakan snippet dan Google akan menampilkan 10 snippet setiap halaman. Site links akan dibuat dan ditampilkan secara otomatis oleh Google berdasarkan kualitas konten dan backlink yang anda buat untuk website anda. Dan untuk menghasilkan hasil snippet diatas, akan lebih mudah jika anda menggunakan Schema kedalam halaman-halaman anda.

Yang ke tiga adalah konsistensi tentang URL domain anda. Terdapat 2 pilihan yaitu: http://www.domain.com, https://domain.com. Perbedaan yang kecil, namun Google akan membedakan rank kedua opsi. 

Website yang baik akan menentukan satu saja dan mencegah pengunjung memasuki website melalui URL yang lainnya. 

Yang terakhir adalah permalink untuk memasuki sebuah artikel. Semakin pendek atau simpel sebuah permalink maka akan semakin baik. Pasti anda pernah mengunjungi sebuah blog atau website yang URLnya kurang lebih seperti: domain.com/2017/09/nama-post.

Dalam sudut pandang SEO, hal ini terlihat panjang dan terlalu ribet, akan lebih baik jika langsung saja seperti: domain.com/nama-post. Alternatif yang kedua pun terlihat lebih bagus dibanding yang pertama dari segi visual. Selain itu, pembuatan struktur website yang baik tidaklah sulit.

Optimisasi Post/Page

Untuk mengoptimisasikan konten yang menargetkan suatu kata kunci, diperlukan beberapa hal yang dapat membuat crawler menjadi mengerti tema dari sebuah konten. Dilakukan dengan cara melihat tempat-tempat yang terdapat kata kunci. Usahakan anda menyisipkan kata kunci di tempat-tempat berikut ini:

  1. Title
  2. Heading (H1 & H2)
  3. Image alt text
  4. Permalink/URL dari konten itu sendiri 
  5. Paragraf pertama
  6. Meta 

 Atau lihatlah anjuran yang diberikan oleh Moz di bawah ini.

Lokasi Keyword

Dianjurkan untuk paling tidak menyisipkan kata kunci di setiap tag seperti 1x di title, 1x di headline, 2-3x di konten, 1x di meta. Tetapi akan lebih baik jika anda juga melakukannya di image alt, url, sub header, dan nama gambar.

Semakin banyak tag yang terdapat kata kunci di dalamnya, maka akan semakin baik. Tapi bukan berarti menyisipkan puluhan kata kunci yang sama di dalam konten akan membuat lebih baik lagi. Hal itu akan membuat Google menurunkan nilai anda sehingga dianjurkan secukupnya saja.

Off-Page SEO

Off-Page SEO menunjuk kepada semua tindakan yang dilakukan diluar website untuk membuat website anda lebih mudah ditemukan. Seringkali disebut dengan “link building” (membangun link), yang bertujuan untuk menambah banyak backlink dari berbagai macam website. 

Saat crawler melihat banyak website yang menunjuk ke website anda, crawler tersebut akan berpikir bahwa website anda bernilai cukup tinggi dan terpercaya. Terlebih lagi jika website-website yang memberikan link ke anda adalah website yang mempunyai otoritas tinggi dan relevan.

Hal-hal ini harus diperhatikan untuk melakukan Off-Page SEO:

1. Social Signals

Yang dimaksud dengan social signals adalah seberapa terkenal sebuah konten di sosial media seperti Facebook, Twitter, dan sejenisnya. Sebuah konten mendapat banyak like, share, dan comment akan membuat Google melihat konten tersebut bukanlah konten yang biasa tetapi konten yang relevan dan cukup penting.

Konten yang mempunyai sedikit atau pun tidak mempunyai interaksi sama sekali di media sosial akan mempunyai ranking yang rendah dan terlihat tidak berkualitas karena konten yang berguna akan tentu selalu dibagikan di media sosial.

Pastikan anda selalu mempermudah pengunjung website anda untuk membagikan konten-konten di dalamnya seperti menggunakan addon SumoMe.

2. Backlink

Backlink mungkin adalah salah satu faktor yang sangat penting jika seseorang ingin membuat website yang dimiliki mempunyai ranking yang tinggi. 

Google memberikan nilai sebuah website berdasarkan relevansi, otoritas, dan konten. Hal itu tidak jauh berbeda dengan backlink. Google juga dalam menghitung nilai sebuah backlink akan memperhatikan dua hal, yaitu relevansi dan kekuatan (power) dari website tersebut.

Sebagai contoh, jika anda mempunyai blog yang membahas tentang penyakit jantung, maka backlink dari blog tentang kesehatan lainnya adalah relevan. Tetapi tidak relevan jika anda mendapat backlink dari sebuah blog tentang arsitektur.

Yang kedua adalah kekuatan atau power. Semakin kuat sebuah website semakin besar juga bobot backlink tersebut. Google tidak pernah memberitahu orang luar tentang berapa angka pasti kekuatan sebuah website. 

Tetapi sekarang telah terdapat tiga sumber utama yang mempunyai formula mereka sendiri untuk mengukur seberapa kuat suatu website. 

Pertama adalah Moz. Moz mempunyai rating yang bernama Page Authority dan Domain Authority. Domain Authority (DA) dihitung dari mengevaluasi berbagai macam faktor, salah satunya adalah jumlah backlink yang didapat.

Kedua adalah Ahrefs. Ahrefs mempunyai rating yang bernama URL Rating dan Domain Rating. URL Rating (UR) menunjukkan kekuatan backlink sebuah halaman dari ukuran 1 hingga 100. URL Rating mempunyai hitungan yang cukup akurat karena semakin tinggi rating sebuah halaman maka akan tinggi juga posisinya di hasil pencarian mesin pencari. Sedangkan Domain Rating (DR) menunjukkan kekuatan backlink dari sebuah website.

Ketiga adalah Majestic. Majestic mempunyai rating yang bernama Trust Flow dan Citation Flow. Citation Flow memprediksi seberapa besar kekuatan sebuah URL berdasarkan jumlah website yang memberikan link ke URL tersebut terlepas dari kualitas backlink yang didapat. Sedangkan Trust Flow memprediksi seberapa kredibel sebuah website dengan menghitung kualitas backlink yang dimiliki. Trust Flow haruslah lebih besar dibandingkan Citation Flow. Trust Flow yang besar akan membuat Citation Flow bertambah dengan sendirinya. 

Backlink bisa dibuat melalui website manapun. Tetapi karena itu biasa beberapa orang akan melakukan kesalahan dalam membangun backlink dengan tidak mempedulikan asal usul tentang website tujuan. Hal ini malah justru dapat membuat Google memberikan nilai yang negatif. 

Organic VS Paid Traffic

Organic Traffic vs Paid Traffic

Untuk yang mempunyai budget pemasaran yang cukup tinggi, beberapa dari mereka akan menggunakan paid traffic. Apa itu paid traffic? Paid traffic adalah dimana website anda berada di atas hasil pencarian tertinggi karena mereka telah membayar untuk itu.

Anda tidak perlu susah-susah memperbaiki website, membangun backlink, dan lain-lain yang menghabiskan waktu banyak. Cukup perlu mengeluarkan uang untuk menempatkan website anda paling atas. Mudah bukan?

Tetapi, tentu saja paid ads tidaklah tanpa kekurangan. Salah satunya adalah biaya yang harus dikeluarkan setiap kali pengunjung mengunjungi website anda dengan mengklik iklan tersebut.

Hal itu disebut sebagai PPC (Pay Per Click). PPC adalah suatu cara untuk memungut biaya untuk beriklan secara online. Dilakukan dengan cara membayar (Pay) berdasarkan jumlah klik (Click) suatu iklan. 

Biayanya juga bervariasi tergantung dari salah satu faktornya adalah jumlah kompetisi dan jumlah pencarian kata kunci. Iklan yang berada di paling atas hanya mendapatkan rata-rata 7% click-through rate (Jumlah klik/jumlah pencari yang melihat iklan tersebut) dari total pencarian sedangkan top 5 hasil natural menguasai lebih dari 50% click-through rate.

Selain biaya juga terdapat pertimbangan kualitas sebuah website. Website yang terletak di halaman pertama berarti telah mengoptimisasikan website mereka sesuai dengan standar Google agar bisa dikonsumsi dengan mudah oleh pengguna mesin pencari. 

Karena Google mementingkan User Experience sebagai acuan dalam membuat standar SEO, maka website yang berada di halaman pertama adalah website-website yang hasilnya kemungkinan besar mempunyai informasi yang berguna untuk pencari.

Otomatis para pencari akan lebih percaya website yang rank 1 secara “natural” dibanding dengan mereka yang menggunakan traffic berbayar. 

Penutup

Semua yang dilakukan Google untuk mempertimbangkan faktor-faktor dalam memberikan nilai ke sebuah website didasari dari keinginan Google untuk memaksimalkan user experience. 

Google tidak ingin pengguna mesin pencari mereka ataupun aplikasi mereka yang lain mendapat pengalaman yang buruk karena berbagai macam situasi.

Jika suatu faktor mempengaruhi kepuasan seseorang dalam mengkonsumsi informasi, maka hal itulah yang menjadi faktor Google dalam penilaian. 

Apa itu SEO? Sesuatu yang harus dikerjakan jika anda menganggap blog atau bisnis anda penting.

Anda mempunyai website baru? Kami mempunyai beberapa tips SEO untuk website baru yang lebih baik dilakukan dari awal.

Sekarang giliran anda. Seberapa penting SEO menurut anda? Jika ingin menambahkan, silahkan meninggalkan komentar dibawah.

Leave a Reply 0 comments